Rabu, 16 Februari 2011

MENGGUNAKAN PAKAIAN ITU HARUUSS ^_^


Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda yang di sekelilinya, alam sekitarnya,ruang angkasa, bahkan ingin mengetahui tentang dirinya sendiri, yaitu Apa…?, Bagaimana…?, Mengapa…?. Tentu saja kita pasti akan bertanya-tanya tentang apa yang ada di kehidupan kita. Yaitu pakaian yang melekat pada tubuh kita, yang  tentu saja kita kenakan setiap harinya dan menjadi kebutuhan yang sangat pokok.
Mungkin sekarang kita mengetahui pakaian itu apa, tetapi pada awalnya manusia tidak mengenal pakaian yaitu baju dan celana. Zaman dahulu orang-orang purba tidak pernah mengenakan baju dan celana, dan mereka hanya menutupi bagian-bagian tertentu saja,tidak keseluruhan. Mereka tidak mengetahui Apa sihh pakaian…?, Untuk apa pakaian itu di pakai????. Manusia terus bertanya-tanya  Dari mana awal terbentuknya pakaian…?, Apa kegunaannya untuk tubuh…?, Dari mana bisa mendapatkan pakaian..?. Pertanyaan-pertanyaan itu lah yang harus di cari dan di jawab.
Apa sihhh pakaiann????
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang mana kualitas dan mereknya sangat beraneka ragam, dengan beraneka ragam merek dan kualitas pakaian yang ada di pasar maka konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian terhadap produk diperlukan sikap hati-hati dan penuh pertimbangan. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh faktor intern di samping juga faktor ekstern. Faktor intern yang dimaksud adalah berasal dari konsumen itu sendiri, misalnya: pendapatan, tingkat pendidikan, usia, ataupun status pekerjaan.
            Pakaian (sandang) adalah salah satu kebutuhan pokok manusia di samping makanan (pangan) dan tempat tinggal (papan). Selain berfungsi menutup tubuh, pakaian juga dapat merupakan pernyataan lambang status seseorang dalam masyarakat. Sebab berpakaian ternyata merupakan perwujudan dari sifat dasr manusia yang mempunyai rasa malu sehingga berusaha selalu menutupi tubuhnya
Dari mana awal terbentukya pakaian????
Di tahun 1830, dapat dipercaya bahwa semua pakaian dalam digunakan utnuk menjaga tubuh agar tetap bersih. Pada akhir abad 19, pria yang mengikuti mode mempunyai enam jenis setelan; setelan formal yang dikombinasikan dengan tiga jenis yang berbeda dari jas dan setelan kurang formalyang dikombinasikan dengan tiga gaya yang berbeda dari jaket. Setelan wanita juga menjadi modern pada abad 19 untuk bersepeda, mengemudi dan olah raga lain.
Celana panjang seperti yang diketahui sekarang dibuat dari abad 19. Tetapi diketahui wanita sudah menggunakan celana panjang di Persia kuno. Di abad tengah Eropa awal, pria mengenakan jubah, tetapi pengenalan dari baju baja membuat pakaian tidak praktis. Jadi, kaos kaki dan kemudian celana mulai menjadi terkenal diantara pria. Celana tersebut adalah celana pendek yang panjangnya sampai dibawah lutut dan dipakai diatas kaos kaki. Sekitar 1830, celana pendek tersebut berkembang sampai ke bagian betis yang disebut pantaloons. Setelah tahun 1830, celana panjang menjadi lebih panjang dan lebar sampai bagian pergelangan kaki, dan menjadi gaya pakaian terpenting untuk pria.
Kemeja dengan kesukaan renaissance untuk sampai bahu, dada dan lengan bawah. Tahun 1530 kemudian diterima dan menjadi modern yang bmemungkinkan kemeja terlihat di leher dan pergelangan tangan, dimana kerah pakaian dapat ditekuk. Pada akhir abad 19 kemeja dapat diterima. Kemeja waktu sekarang tinggi berkerah. Tetapi tahun 1917, ditemukan tekanan dari kerah dan di leher tidak terlihat baik oleh mata, dan kerah kemudian ditekuk, yang terlihat pada sekarang ini.
Apa kegunaan pakaian untuk tubuh?????
Salah satu fungsi pakaian yaitu
·        sebagai pembeda seseorang denagan yang lainnya antara perempuan dengan laki-laki.
·        Sebagai pelindung diri, maksudnya dengan berpakaian manusia bisa menghindari udara dingin,panasnya terik matahari, dan lain sebagainya.
·        Sebagai pelindung perilaku, pakaian memberi pengaruh positif terhadap penggunaannya, misalnya wanita yang berpakaian sopan akan lebih di  harrgai bagi orang yang melihatnya.
·         Memenuhi kebutuhan keindahan Artinya busana dapat membuat diri seseorang kelihatan indah contohnya dalam Busana Modern, yang dapat menutupi bagian-bagian badan yang dapat kurang ideal.
Bagaimana cara mendapatkan pakaian?????
Pada zaman sekarang pakaian sangat mudah didapatkan, di berbagai pasar yang khusus menjual baju, mulai dari yang murah sampai yang mahal pun juga ada. Tergantung pada segi ekonomi masing-masing, apa lagi zaman sekarang yang sangat canggih pakaian bisa sangat mudah di pesan dengan media internet.
Dengan memberi jawaban-jawaban di atas  kita pun mendapatkan pengetahuan yann dulu kita tidak tahu sekaran kita jadi lebih mengetahui pakaian itu apa, yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar