Sabtu, 15 Oktober 2011

Tugas Psi dan Teknologi Internet ( fenomena jejaring sosial )

                                    FACEBOOK DAN TWITTER KEBIASAAN BARU
 
London (ANTARA News) - Fenomena jejaring sosial tetap bertahan karena pengguna komputer menjadi lebih "mobile."

"Dua hingga lima tahun dari sekarang, seluruh pertanyaan mengenai apakah jejaring sosial lain yang anda gunakan akan diperdebatkan, karena semua akan menjadi sosial," kata Chris Hughes, co-founder Facebook, di Boston, Kamis (28/10).

"Sosial merupakan bingkai, penyaring dari berbagai informasi," kata Hughes selama diskusi panel di konferensi penanaman modal Charles Schwab "Impact 2010."

Facebook memiliki pengguna aktif lebih dari 500 juta. Termasuk lebih dari 150 juta yang mengakses melalui perangkat "mobile" mereka. Jumlah pengguna Twitter yang terdaftar diperkirakan lebih dari 165 juta.

Kedua perusahaan swasta itu dan investor bersiap-siap bila perusahaan itu saham keduanya di jual ke publik.

Biz Stone, co-founder Twitter, mengatakan bahwa ekspansi jejaring sosial akan melacak kenaikan mobilitas pribadi secara lebih dekat, sebagaimana perangkat seperti smartphone menggantikan komputer tradisional.

"Saya ingin melihat lebih sedikit orang-orang yang membungkuk di depan komputer mereka di kantor dalam lima tahun," kata Stone.

Hughes mengatakan bahwa aplikasi seperti Facebook Connect akan makin bertambah melekat dalam struktur jejaring sosial.

Contohnya, pengguna Facebook Connect masuk ke situs New York Times kini bisa melihat artikel mana yang dibaca dan direkomendasikan teman mereka.

"Dengan beberapa klik anda memiliki pengalaman sosial," kata Hughes dikutip Reuters.

Dia menambahkan, fungsi tersebut dapat menjadi cara untuk memangkas arus informasi yang berlebihan yang banyak perjuangan untuk memilahnya.

"Tidak ada penyaring lebih baik daripada orang yang anda kenal dan percaya," kata dia.

Stone memiliki 1.6 juta "follower" untuk "tweet-"nya. Dia mengatakan dia suka mengikuti "feed" dari Sockington the Cat, seekor kucing keahlian menjawab dengan tepat. Kucing itu berasal dari Waltham, Massachusett.

Twitter, kata Stone, "tidak akan menjadi kemenangan teknologi, itu akan menjadi kemenangan kemanusiaan, pertumbuhan potensial ada dari perspektif perubahan positif, bukan hanya perspektif bisnis.

(ENY/S026)
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2010
http://www.antaranews.com/berita/1288336731/facebook-dan-twitter-kebiasaan-baru

2 komentar: