Selasa, 04 Januari 2011

DAMPAK POSITIF & NEGATIF GADGET TELEVISI SECARA PSIKOLOGIS

   Sebuah Televisi yang merupakan sarana hiburan, tampaknya memberikan hal positif bagi kehidupan, namun kita juga harus mewaspadai adanya pengaruh buruk terhadap televisi terutama bagi anak kecil dan remaja, yang berpengaruh pada perkembangan anak kecil karena anak kecil atau remaja masih memiliki psikis yang belum stabil.
= > Dampak Positif Menggunakan Televisi Secara Psikologis, sebagai berikut:
  • ·         Televisi bisa menjadi salah satu hiburan utama, karena bisa menghilangkan kejenuhan.
  • ·         Televisi bisa menjadi informasi yang menyajikan beragam berita, baik dari dalam maupun luar negeri. Tentu tidak akan membuat kita ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang cukup luas secara tepat.
  • ·         Bila talevisi menyajikan acara-acara yang berhubungan dengan pendidikan, tentu hal ini sangat berguna bagi para pelajar. Seorang pelajar bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara tersebut.
  • ·         Televisi banyak menampilkan tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh baik dalam dunia pendidikan, dunia usaha, dunia hiburan, dll. Figur-figur yang di tampilkan dalam televisiPsbisa memicu kita untuk mencontoh kesuksesan mereka.
= > Dampak Negatif Menggunakan Televisi Secara Psikologis, sebagai berikut:
  • ·         Pengaruh negatif yang paling utama adalah membuat akan lupa waktu. Bila sudah menonton televisi munkin akan merasa malas untuk melakukan suatu pekerjaan. Bagi pelajar sangat merugikan, karena bisa lupa belajar.
  • ·         Banyaknya acara-acara yang tidak mendidik di televisi bisa mempengaruhi kejiwaan seseorang, contohnya film kekerasan atau berita kriminal adalah beberapa acara yang tidak patut di tonton oleh anak kecil maupun remaja, mereka bisa saja meniru adegan yang mereka tonton.
  • ·         Menonton terus menerus juga bisa merusak kesehatan, mata akan menjadi rusak,dan tubuh tidak akan terbiasa bekerja berat akibatnya adalah tubuh menjadi lemah dan lemas.
  • ·         Televisi mampu meningkatkan daya konsumtif masyarakat. Di televisi banyak sekali iklan-iklan yang menyajikan berbagai barang. Siapapun bisa menjadi korban iklan tersebut.


1 komentar:

  1. keren lo mbak
    kunjungi juga ya blog saya
    http://klambir5-punyasitus.blogspot.com/
    thanks ......

    BalasHapus