Rabu, 24 November 2010

Nusa Tenggara Timur

Budaya adalah semua perilaku atau sikap yang khas dari sekelompok orang yang tinggal di wilayah tertentu (Ralph Linton). sehingga setiap provinsi memiliki budayanya masing-masing, terutama di Wilayah Nusa Tenggara Timur. Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tahun 1958, terletak di kepulauan Nusa Tenggara, ibu kotanya Kupang.
Nusa Tenggara Timur terletak di selatandi selatan khatulistiwa pada posisi 8 derajat sampai 12 derajat Lintang Selatan dan 118-125 derajat Bujur Timur. Dengan batas-batas wilayah:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Flores 
  • Sebelah Selatan dengan samudera Hindia
  • Sebelah Timur dengan Negara Timor Leste 
  • Sebelah Barat dengan propinsi NTB
Luas wilayah daratan 47.349,90 km2 atau 2,49 % luas Indonesia dan luas wilayah perairan kurang lebih 200.000 km2 di luar perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI)
Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari  566 pulau, 432 pulau di antaranya sudah mempunyai nama dan sisanya sampai saat ini belum mempunyai nama. Sedangkan jumlah penduduk NTT tahun 2007 4.448.873 jiwa dengan kepadatan penduduk 91,98 jiwa per km2.
Wilayah Nusa Tenggara Timur beriklim kering yang di pengaruhi oleh angin musim.
Nusa Tenggar Timur memiliki jenis tumbuhan yang telah di budidayakan oleh pendiduk seperti tanaman jagung, padi. kacang-kacangan, dan lain-lain, juga terdapat jenis tumbuhan di kawasan hutan seperti kayu akasia, kayu putih, kayu manis, kayu lontar, kayu gaharu,  dll. Sedangkan fauna yang di wilayah ini dan tidak terdapat di wilayah lain di dunia adalah Komodo. Nusa tenggara Timur juga memiliki berbagai macam budaya seperti alat musik tradisional, tari-tarian, dan lagu-lagu daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar