Kamis, 21 April 2011

- I'm Evoluting -

Evolusi menurut kajian biologi adalah berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Sedangkan evolusi menurut teori Darwin, mengajukan 2 teori pokok yaitu :
1. Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies lain yang hidup di masa lampau.
2. Evolusi terjadi melalaui seleksi alam, secara singkat Darwin menjelaskan :

a. Perubahan frekuensi gen dari satu generasi ke generasi berikutnya.
b. Perubahan dan genotype yang terakumulasi seiring berjalannya waktu.
c. Produksi varian baru melalui pada materi genetic yang diturunkan (DNA/RNA).
d. Kompetisi antar individu karena keberadaan besaran individu melebihi sumber daya lingkungan tidak cukup untuk menyokongnya.
e. Generasi berikut mewarisi “kombinasi gen yang sukses” dari individu fertile (dan beruntung) yang masih dapat bertahan hidup dari kompetisi.

Kemudian pengertian dalam teori i'm Evoluting menurut saya yaitu perubahan secara fisik, kognitif,  sikap, tinkat kecerdasan atau kepintaran pada makhluk hidup dari lahir hingga sekarang pasti mengalami perubahan tersebut secara bertahap. Sama juga dengan teori yang di bilang Darwin Evolusi yaitu perubahan yang memerlukan waktu yang cukup lama mungkin sampai beribu - ribu tahun.

Jadi "apakah saya berevolusi ???" dan jawabannya adalah " ya ".
pertama saya mengalami evolusi fisik, karena fisik itu sangat terlihat sekali perubahannya, sama halnya yang di bilang Darwin " perubahan frekuensi gen dari generasi ke generasi berikutnya ".
Contohnya pada saat saya berumur 5 tahun berat badan saya 17 kg dan tinggi badan saya 90 cm. Dan sekarang umur saya 19 tahun beratnya 41 kg dan tingginya 152 cm. Tentu saja sangat terlihat sekali perubahan fisiknya, dapat di simpulkan bahwa perubahan fisik tersebut dari tahun ke tahun mengalami perubahan .

Yang kedua, evolusi kognitif yaitu pemikiran, Saya mengalami perubahan pemikiran yang saya rasakan contohnya saja dulu pada saat saya kecil dalam menyelesaikan masalah mungkin saya tidak berfikir tidak terlalu baik. suka menangis apabila tidak di turuti keinginannya, yaa masih pemikiran anak kecil lahhh...
tapi sejalannya waktu pemikiran saya semakin matang atau dewasa dalam menyelesaikan berbagai macam masalah, hal tersebut di karenakan semakin banyak pengalaman yang di lewati. Hal tersebut  bisa di bilang  evolusi dalam pemikiran manusia. Seperti teori Darwin " Generasi berikut mewarisi kombinasi gen yang sukses dari individu fertil yang masih dapat bertahan hidup dari kompetisi ".

Dan yang ketiga, perubahan dalam tinkat kecerdasan atau kepintaran, contoh dulu saya tidak bisa nembaca maupun berhitung tetapi dengan melalui proses belajar degan saya bersekolah dan orang tua mengajarkan saya, saya menjadi bisa membaca dan berhitung. Yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, dengan cara mencari berbagai sumber ilmu pengetahuan.  Dengan saya bisa berprestasi di sekolah itu pun melalui proses belajar, semakin saya rajin belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan kepintaran dan kecerdasan saya meningkat. ...
seperti yang Darwin bilang " perubahan dan genotype yang terakumulasi seiring berjalannya waktu" .
Sumber :
www.wikipedia.com
grelovejogja.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar